Penyebab dan Gejala Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Darah Tinggi atau Hipertensi

cek-gejala-tekanan-darah-tinggi-hipertensiPerlu pengetahuan sejak dini tentang penyebab dan penyebab dan gejala tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kondisi umum sesorang yang sedang mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah dimana cairan darah yang ada di dalam tubuh menekan dinding arteri dengan cukup kuat, dan pada akhirnya akan menyebabkan masalah kesehatan seperti ancaman penyakit jantung bahkan stroke. Tekanan darah tinggi ditentukan oleh jumlah darah yang dipompa jantung dan resistensi terhadap aliran darah pada pembuluh darah arteri. Semakin banyak darah yang dipompa oleh jantung, maka arteri akan mengalami penyempitan, dan tekanan darah akan meningkat. Anda dapat mengalami tekanan darah tinggi (hipertensi) selama bertahun-tahun tanpa mengalami gejala. Tekanan darah yang tidak terkontrol ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius termasuk serangan jantung dan stroke.

Tekanan darah tinggi dapat berkembang bertahun-tahun, dan pada akhirnya dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Beruntunglah hipertensi ini dapat dengan mudah dideteksi. Ketika anda mengetahui bahwa anda mempunyai tekanan darah tinggi, anda harus segera cek ke dokter untuk segera diambil tindakan supaya tekanan darah anda menuju normal.

Gejala Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi

Gejala tekanan darah tinggi atau hipertensi sering tidak mempunyai gejala yang berarti bagi kesehatan, meskipun tekanan darah sudah mencapai level yang tinggi dan sangat berbahaya bagi kesehatan. Meskipun beberapa orang tidak mengalami gejala tekanan darah tinggi seperti gejala dull headache atau pusing dan sakit kepala disertai mimisan, tanda-tanda seperti ini malah tidak muncul pada hipertensi pada tingkat lanjut bahkan pada tingkat yang sudah dapat membahayakan nyawa. Orang yang mempunyai hipertensi seakan-akan tidak menimbulkan gejala tekanan darah tinggi, namun ada pula yang mengalami gejala awal yang mungkin dapat terjadi seperti :

  • Sakit kepala dan pusing
  • Mimisan atau pendarahan pada hidung
  • Kelelahan
  • Wajah kemerahan

Penyebab dan Faktor Resiko Hipertensi / Tekanan Darah Tinggi

Untuk dapat memahami tentang penyebab hipertensi, antara lain :

  1. Hipertensi Primer, Kebanyakan orang dewasa tidak dapat mengidentifikasi penyebab yang ditimbulkan dari hipertensi ini, tekanan darah ini disebut hipertensi essensial atau hipertensi primer. Cenderung berkembang selama bertahun-tahun.
  2. Hipertensi Sekunder, beberapa orang mengalami tekanan darah tinggi dengan kondisi dan gangguan yang menjadi penyebab utama (underlying condition). Tekanan darah seperti ini disebut juga dengan hipertensi sekunder. Sering muncul tiba-tiba dan mendadak tekanan darah menjadi lebih tinggi dari pada hipertensi primer. Berbagai kondisi dan pengobatan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi sekunder, termasuk di antaranya :
  • Masalah ginjal
  • Pengobatan tertentu, seperti pil KB, obat flu, dekongestan, pereda nyeri dan resep obat yang lain.
  • Obat-obatan ilegal seperti kokain dan amphetamines
  • Kelainan pada pembuluh darah yang diperoleh sejak lahir (congenital)

Faktor Resiko Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Tekanan darah tinggi atau hipertensi ini mempunyai beberapa faktor resiko di antaranya sebagai berikut :

  • Usia, tekanan darah dapat meningkat dengan bertambahnya usia
  • RAS hipertensi, tekanan darah tinggi yang didapat dari keturunan
  • Latar belakang keluarga
  • Obesitas atau kelebihan berat badan
  • Kebiasaan merokok
  • Stres
  • Tidak pernah melakukan aktifitas fisik, dengan melakukan olahraga akan membuat denyut jantung anda bekerja dengan baik dan membuat arteri anda jauh lebih kuat. Kekurangan aktifitas fisik akan membuat anda obesitas.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kadar garam tinggi Kekurangan vitamin D di dalam darah anda. Vitamin D dapat mempengaruhi enzim yang diproduksi oleh ginjal dan dapat mempengaruhi tekanan darah anda.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol
  • Kolesterol tinggi, diabetes, penyakit ginjal
  • Terkadang kehamilan juga dapat menyebabkan tekanan darah meningkat

Meskipun tekanan darah tinggi atau hipertensi ini banyak terjadi pada orang dewasa, namun anak-anak juga dapat mengalami gejala tekanan darah tinggi atau hipertensi dengan gejala gangguan jantung dan hati, namun hal tersebut akan terjadi bagi anak-anak yang mempunyai gaya hidup yang tidak sehat seperti diet yang buruk dan kurang melakukan kegiatan olahraga akan menyebabkan tekanan darah tinggi.
Jagalah kesehatan anda agar terhindar dari segala macam penyakit yang dapat mengancam kesehatan tubuh anda dan terhindar dari kematian. Sayangi tubuh anda sehingga anda dapat memiliki kesempatan untuk merasakan umur panjang. Semoga artikel tentang Penyebab dan Gejala Hipertensi di atas dapat bermanfaat bagi anda semua.

Cara Mudah Sehat Bebas dari Kolesterol dan

Tekanan Darah Tinggi, Temukan Disini