Kadar Kolesterol

Info Tentang Kolesterol

Ini mungkin akan mengejutkan Anda, bahwa kolesterol itu sendiri tidak buruk. Bahkan, kolestrol adalah salah satu dari banyak zat yang dibuat dan digunakan oleh tubuh kita untuk membuat kita tetap sehat.

Apa itu kolesterol dan dari mana asalnya?

Kolesterol adalah zat yang berasal dari dua sumber: tubuh dan makanan. Tubuh Anda, terutama hati Anda, membuat semua kolestrol yang Anda butuhkan dan beredar melalui darah. Tapi kolesterol juga ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan, seperti daging, unggas dan produk susu penuh lemak. Hati memproduksi kolesterol lebih ketika Anda makan diet tinggi lemak jenuh dan trans.

Kelebihan kolesterol dapat membentuk plak antara lapisan dinding arteri, sehingga sulit bagi jantung Anda untuk mengedarkan darah. Plak dapat pecah dan menyebabkan pembekuan darah. Jika blok bekuan arteri ada di otak, menyebabkan stroke. Jika blok arteri ada di jantung, bisa menyebabkan serangan jantung.

Ada dua jenis kolesterol: “baik” dan “buruk.” Terlalu banyak satu jenis – atau tidak cukup dari yang lain – dapat menyebabkan risiko penyakit jantung koroner, serangan jantung atau stroke. Sangat penting untuk mengetahui kadar kolestrol dalam darah Anda sehingga Anda dan dokter Anda dapat menentukan strategi terbaik untuk menurunkan resiko Anda.

Membuat pilihan makan yang sehat dan meningkatkan aktivitas olah raga adalah langkah pertama dalam meningkatkan kondisi kolesterol Anda. Bagi sebagian orang, obat penurun kolesterol mungkin juga diperlukan untuk mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Gunakan informasi yang diberikan di sini untuk memulai percakapan dengan dokter Anda tentang bagaimana kolestrol mempengaruhi serangan jantung dan resiko stroke dan apa yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan resikonya.

Kolesterol tinggi sering dijuluki ‘silent killer’ karena sering tak bergejala tapi berakibat fatal. Masalah kolestrol berhubungan dengan masalah Dislipidemia. Dislipidemia adalah gangguan pada jumlah lipid dalam darah, yang mengakibatkan terjadi peningkatan fraksi lemak di dalam darah seperti: hiperkolesterol (kolesterol tinggi)hipertrigliserida (trigliserida tinggi), Low-Density Lipoprotein (LDL) meningkat dan High-Density Lipoprotein (HDL) menurun.

LowDensity Lipoprotein (LDL)

LDL berperan membawa kolestrol ke pembuluh darah sehingga kadar kolesterol dalam darah mengalami peningkatan dan terjadi penimbunan kolestrol di pembuluh darah. Oleh karena itu, LDL disebut sebagai kolesterol jahat. Penimpunan kolesterol LDL berdampak buruk terhadap tubuh
Kadar LDL normal: 150- 190 mg%

High-Density Lipoprotein (HDL)

HDL berfungsi membawa kolsterol dari jaringan tubuh ke sel hati untuk diolah menjadi empedu. Oleh karena itu HDL disebut kolesterol baik.
Kadar HDL normal: 35-55  mg%. Kolestrol jenis HDL merupakan kolestrol yang dapat melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Kolesterol Total

Kolesterol total adalah jumlah seluruh kolesterol dalam darah.
Normal : 150 -250 mg%.
Trigliserid Normal : 150 mg%.
Penyakit Jantung Koroner: 2 x lipat bila TriGliserid 250-500 mg%. Trigliserida erat kaitannya dengan obesitas atau kegemukan.

Tingginya kadar kolestrol dalam tubuh merupakan pemicu munculnya berbagai penyakit. Untuk menghindari hal ini diperlukan pola makan yang sehat. Makanan berserat seperti oats, sayur dan buah sangat baik untuk mengikat sebagian lemak dan dibuang saat buang air besar (BAB), tetapi yang lebih utama pengaturan pola makan. Obesitas juga akan memperburuk kolestrol, tetapi 35% orang berbadan kurus-pun bisa mempunyai kolestrol tinggi.

MAU CARA ALAMI DAN MUDAH MENGONTROL KOLESTROL ANDA???

MAU BEBAS DARI KOLESTEROL JAHAT??? CARA MENURUNKAN KOLESTEROL Klik disini…